Daring Komunikasi Keperawatan X AK

BAB 1

KONSEP DASAR KOMUNIKASI

 

A.        Pengertian Komunikasi .

    Komunikasi merupakan bagian dari aktivitas kehidupan manusia dan memiliki peranan sangat penting. Istilah komunikasi berasal dari kataCommunication. Communication berasal dari bahasa latin dan terbentuk dari dua kata akar “Com”atau “cum “dan “unio”atau“Union”. “Com” atau “Cum” berarti “dengan” atau “bersama dengan” , sementara “unio” atau Union” memiliki arti bersatu dengan. Maka komunikasi dapat diartikan sebagai pengiriman pesan dari sesorang kepada orang lain.

Sedangkan  pengertian komunikasi menurut para ahli antara lain :

1.         William Albig

                   Komunikasi   adalah   proses   pengoperan   lambang-lambang   yang   berarti   diantara individu-individu.

2.         Wilbur Schram

                   Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain.

3.         Carl I. Hovland

                   Komunikasi  adalah  proses  di  mana  seorang  individu  (komunikator)  mengoperkan perangsang (lambang-lambang atau bahasa) untuk mengubah tingkah laku individu-individu yang lain (komunikan)

                   Secara umum komunikasi adalah penyampaian informasi dalam sebuah interaksi tatap muka yang berisi ide, perasaan, makna dan pikiran yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dengan harapan untuk merubah perilaku seseorang.

 

B.        Tujuan Komunikasi

1.         Perubahan sikap (attitude change)

2.         Perubahan pendapat (opinionchange)

3.         Perubahan perilaku (behavior change)

4.         Perubahan sosial (social change)

 

C.        Fungsi Komunikasi

1.         Dapat menyampaikan pikiran atau perasaan

2.         Dapat mengajarkan/ memberitahu suatu ilmu pengetahuan

3.         Dapat mengubah sikap dan perilaku seseorang

4.         Sebagai sarana hiburan

5.         Media diskusi dalam bertukar pendapat

 

D.       Unsur- Unsur Komunikasi

       Proses komunikasi merupakan cara pemberi pesan (komunikator) menyampaikan pesan kepada penerima pesan (komunikan) sehingga dapat menciptkan persamaan makna antara  komunikan  dan  komunikator.  Komunikasi  akan  bisa  terjadi  apabila  didukung dengan unsur –unsur komunikasi. Unsur –unsur komunikasi ini saling berpengaruh dan saling melengkapi dan jika salah satu unsur komunikasi tidak berfungsi maka komunikasi tidak berjalan efektif.

       Unsur –unsur komunikasi  meliputi :

1.         Sumber komunikasi

       Sumber komunikasi atau sering juga disebut sebagai komunikator atau sender /encoder merupakan  pengirim pesan atau seseorang  yang menyampaikan pesan dan merupakan  orang  yang  memulai  terjadinya  komunikasi. Dimana harus mempunyai syarat sebagai berikut:

a.         Mengembangkan ide atau pikiran yang ingin disampaikan

b.         Mengkode ide/ pikiran dalam bentuk lambing verbal atau non verbal

c.          Menyampaikan pesan melalui saluran komunikasi dengan menggunakan metode tertentu

d.         Menunggu umpan balik dari komunikan untuk mengetahui keberhasilan komunikasi

2.         Pesan

       Agar  pesan  yang  disampaikan,  dapat  dimengerti  dan  di  terima  serta  pesan yang disampaikan tepat sesuai dengan tujuan, pesan harus memenuhi syarat sebagai berikut :

a.         Pesan harus di rencanakan

b.         Pesan menggunakan bahasa yang dapat dimengerti kedua belah pihak

c.          Pesan itu harus menarik minat dan sesuai kebutuhan pribadi penerima

d.         Pesan harus berisi hal-hal yang mudah dipahami

e.         Pesan yang disampaikan tidak samar-samar

f.           Pesan yang disampaikan jelas

3.         Channel/ saluran/ Media

       Ketika  kita  berkomunikasi  kita  membutuhkan  sarana  dalam  menyampaikan pesan. Sarana yang dilalui pesan saat disampaikan disebut saluran/Channel. Channelkomunikasi  dapat  berbentuk    indera  manusia  maupun  alat  teknologi  yang  dibuat manusia. Channel  komunikasi  yang  berbentuk  panca  indera  dapat  dibagi  menjadi  : visual channel, auditory channel dankinesthetic channel.  Alat komunikasi yang dibuat manusia seperti Handpone, surat, email dan lain –lain.

4.         Receiver/ Komunikan/ Penerima pesan

       Penerima    pesan/komunikan merupakan orang    yang menerima  pesan  dari  komunikan  yang  harus  mendengarkan,  mengobservasi  dan memperhatikan. Saat proses menerima pesan, kemampuan  komunikan  dipengaruhi oleh beberapa  faktor antara lain :

a.         Faktor fisiologis.

       Proses   mendengar,   kesempurnaan   dan   kesehatan   organ   tubuh/panca indera  maupun  otak  sangat  mempengaruhi  sesorang  dalam    menerima  stimulus secara   sempurna.

b.         Faktor psikologis

       Kondisi   psikologis   atau   keadaan   mental   saat   menerima   pesan   sangat penting dan harus kita perhatikan karena akan mempengaruhi sesorang menerima pesan.

c.          Faktor kognitif

       Seseorang  yang  memiliki  kemampuan    kognitif  yang  baik  akan  mudah menerima  dan  memahami    pesan  yang  diberikan.  Selain  kemampuan  kognitif kemampuan  sesorang  dalam  menerima  pesan  juga  dipengaruhi  latar  belakang pendidikan.

5.         Umpan Balik/ Feedback

       Saat  kita meyampaikan  pesan  atau  informasi, sangat  penting  bagi  kita  untuk mengetahui   apakah   pesan   yang   kita   sampaikan      dimengerti   dan   difahami   oleh komunikan.  Respon  komunikan  atau  memberikan  kepada  komunikator  informasi tentang  persepsi  komunikan  itulah  yang  disebut umpan  baik/feedback.

       Karakteristik feedback yang efektif  yaitu :

a.         Harus spesifik jangan terlalu luas pengertiannnya.

b.         Di utaraka secara deskriptif

c.          Supportif, tidak mengancam

d.         Diberikan pada waktu yang tepat (segera setelah perilaku atau pesan)

e.         Jelas dan tidak bermakna ganda

f.           Langsung dan sopan






Gambar 1.1 Proses Komunikasi (Nasir, 2009)

 

E.        Syarat Komunikasi

1.    Menggunakan bahasa yang baik artinya jelas

2.    Lengkap agar pesan yang disampaikan dipahami oleh komunikan secara menyeluruh

3.    Atur arus informasi sehingga antara pengirim dan penerima pesan ada umpan balik yang seimbang

4.    Dengarkan secara aktif

5.    Tahan emosi

6.    Perhatikan isyarat nonverbal saat komunikasi berlangsung

 

F.    Jenis- Jenis Komunikasi

        Komunikasi yang kita gunakan dapat dibedakan menjadi :

1.    Komunikasi berdasarkan cara penyampaian

a.              Komunikasi lisan

b.             Komunikasi tulisan

c.              Komunikasi isyarat 

 

2.    Komunikasi berdasarkan perilaku

a.    Komunikasi formal

b.    Komunikasi informal 

 

3.    Komunikasi berdasarkan media yang digunakana

a.    Komunikasi visual

b.    Komunikasi audio

c.     Komunikasi audiovisual

 

4.    Komunikasi  berdasarkan umpan balik yang diperoleh

a.    Komunikasi satu

b.    Komunikasi dua arah

 

5.    Komunikasi berdasarkan jumlah sasaran dan jenis informasi

a.    Komunikasi perseorangan/ dengan diri sendiri (Komunikasi Intrapersonal)

b.    Komunikasi antarpribadi (Komunikasi Interpersonal)

c.     Komunikasi publik

d.    Komunikasi massa

 

G.   Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi

1.    Perkembangan

2.    Persepsi

3.    Nilai

4.    Latar belakang sosial budaya

5.    Emosi

6.    Pengetahuan

7.    Peran

8.    Lingkungan

9.     Jarak

     Ada empat zona jarak dalam berkomunikasi antara lain:

a.         Zona    intim  (  0    sampai  dengan  45,5  cm  atau  0  sampai  dengn  18  inchi antar individu). Ukuran jarak ini nyaman bagi orang tua yang memiliki anak kecil atau individu  yang  berkeinginan  sama  untuk  melakukan  kontak  pribadi .

b.         Zona  personal  (45,-120  cm  atau  18 –36  inchi).  Ini  merupakan  jarak  nyaman antara keluarga dan teman untuk berbicara.

c.          Zona sosial ( 270-36 cm atau 4 -12 kaki), Jarak ini merupakan jarak komunikasi yang dapat diterima dalam lingkungan sosial, pekerjaan dan bisnis.

d.         Zona  publik  (12  sampai  25  kaki  ).  Ini  adalah  jarak  yang  dapat  diterima  antara pembicara dan pendengar, kelompok kecil dan fungsi informal lain.

 

H.       Faktor yang Mempengaruhi Pesan yang Disampaikan Saat Komunikasi

1.         Credibility. Artimya bahwa pesan yang disampaikan mengandung isi yang ada manfaatnya bagi sasaran.

2.         Context. Artinya pesan yang disampaikan ada hubungannya dengan kehidupan sehari-hari.

3.         Content. Artinya pesan yang disampaikan mengandung isi yang ada manfaatnya bagi sasaran.

4.         Clarity. Artimya pesan yang disampaikan harus dipilah terlebih dahulu agar lebih mudah diterima dengan jelas.

5.         Continuity and Consistency. Artinya pesan yang akan dikomunikasikan tersebut harus sering dan terus menerus disampaikan.

6.         Channels. Artinya harus dapat dipilih media yang penyampai pesan yang sesuai dengan sasaran yang akan dicapai.

7.         Capability of the audience. Artinya dalam penyampaian pesan harus memperhitungkan kemampuan dari sasaran dalam menerima pesan.

 

LATIHAN SOAL

A.        Soal Pilihan Ganda

1. Komunikasi berasal pada bahasa latin yaitu
a. Komunikasi
b. “Comunis”
c. “Communis”
d. “Communication”
e. “Communision”


2. Proses pengoperan lambang-lambang yang berarti diantara individu-individu
merupakan pengertian komunikasi menurut....
a. William Albig
b. Wilbur Schram
c. Carl I. Hovland
d. Abdul nasir
e. Dult-Battey


3. Seseorang yang menyampaikan pesan dan merupakan orang yang memulai
terjadinya komunikasi disebut...
a. Komunikator
b. Komunikan
c. Pesan
d. Chanel
e. Feedback


4. Tujuan utama komunikasi adalah....
a. Dapat menyampaikan pikiran atau perasaan.
b. Tidak terasing dan terisolasi dari lingkungan.
c. Dapat mengajarkan atau memberikan sesuatu.
d. Dapat mengetahui atau mempelajari peristiw di lingkungan.
e. Perubahan perilaku (behavior change)


5. Komunikasi diantara dua orang atau di antara sekelompok dengan berbagai efek
dan umpan balik dan sifat dua arah termasuk tipe komunikasi....

a. Intrapersonal
b. Interpersonal
c. Publik
d. Massa
e. Langsung


6. Dibawah ini merupakan jenis komunikasi berdasarkan media visual adalah....
a. Leaflet
b. Radio
c. IM3
d. Presentasi
e. Televisi


7. Komunikasi pada diri sendiri disebut...
a. Interpesrsonal
b. Intrapersonal
c. Massa
d. Individu
e. Independen


8. Seorang asisten perawat saat melakukan pengukutan TD menggunakan bahasa
jawa karena klien tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia. Berdasarkan kasus
diatas faktor yang mempengaruhi komunikasi berdasarkan kasus diatas adalah......
a. Latar belakang budaya.
b. Ikatan dengan kelompok atau grup,
c. Harapan
d. Pendidikan
e. Situasi


9. Petugas A ketika melakukan tindakan keperawatan menggunakan bahasa medis
dan klien bingung dengan apa yang disampaikan oleh petugas A sehingga klien
menolak dilakukan tindakan. Berdasarkan kasus diatas, fakor yang
mempengaruhi komunikasi Petugas A dan klien adalah....
a. Latar belakang budaya.
b. Ikatan dengan kelompok atau grup,
c. Harapan
d. Pendidikan
e. Situasi


10. Ada dua orang siswa sedang berdiskusi materi pelajaran. Siswa A menjelaskan
materi pytagoras kepada Siswa B. Berdasarkan unsur – unsur komunikasi siswa
B disebut....
a. Komunikator

b. Komunikan
c. Chanel
d. Feedbac
e. Efek

 

B.        Jawaban Singkat

1.         Penerima pesan disebut......

2.         Salah satu faktor yang mempengaruhi berupa bahasa dipilih sedemikian rupa
sehingga pesan yang disampaikan lebih mudah diterima secara jelas disebut...

3.         Sarana dalam menyampaikan pesan disebut...

4.         Kemampuan seseorang dalam menerima pesan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan seseorang. Termasuk faktor yg mempengaruhi komunikan yaitu....

5.         Pesan yang akan dikomunikasikan tersebut harus sering dan terus menerus
disampaikan disebut....

6.         Jarak komunikasi yang dapat diterima dalam lingkungan pekerjaan sekitar 270-
36 cm atau 4 - 12 kaki disebut….

7.         Decoder disebut juga sebagai....

8.         Pandangan pribadi seseorang terhadap suatu kejadian atau peristiwa disebut....

9.         Penyampaian pesan tanpa menggunakan kata-kata disebut...

10.    Penyampaian pesan harus memperhitungkan kemampuan dari sasaran dalam menerima pesan adalah salah satu faktor penyampaian pesan yaitu ....

 

 

1. SILAHKAN UNTUK JAWABAN BISA DIKERJAKAN PADA LINK GOOGLE FORM BERIKUT INI  

 

Link pengerjaan tugas 

 

2. TUGAS DIKUMPULKAN TERAKHIR PUKUL 12.00 

3. SAAT MENJAWAB PERTANYAAN BAGIAN- B. JAWABAN SINGKAT (GUNAKAN HURUF DEPAN HURUF KAPITAL, EX. Komunikan   JIKA TIDAK JAWABAN ANDA TIDAK TERBACA OLEH SISTEM KAMI).

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

DARING MAPEL KDK PERTEMUAN KE-2 (X AK)

Daring Materi KDK pertemuan 1 - X AK